Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Gaya Hidup Sehat dengan Cuci Tangan

E-mail Print PDF

GAYA HIDUP SEHAT DIMULAI DENGAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN

Jumat, 30 Nopember 2012…Erlass bekerjasama dengan CSR PT. Penerbit Erlangga mengadakan penyuluhan cuci tangan pakai sabun yang dilaksanakan di aula Rt.07/09, Ciracas.

Penyuluhan ini bertujuan  untuk menambah pengetahuan warga setempat bahwa perilaku yang sederhana seperti cuci tangan pakai sabun sangat besar manfaatnya untuk kesehatan. Menurut narasumber dari penyuluhan ini yaitu dr. Michele bahwa cuci tangan harus memakai sabun karena menurut penelitian mencuci tangan tanpa sabun hanya mengurangi bakteri sebesar 28% dari jumlah sebelumnya, sedangkan cuci tangan pakai sabun dapat menghilangkan bakteri seutuhnya jika dilakukan dengan benar. Dengan mencuci tangan dapat mencegah penyakit seperti diare, infeksi saluran pernapasan, kecacingan, penyakit kulit, dan penyakit mata.

Jika, pada saat kita bepergian dan tempat tersebut tidak ada fasilitas untuk cuci tangan maka kita bisa memakai cairan pembersih tangan atau hand sanitizer tapi harus dengan kandungan alkohol 60% karena dengan kandungan tersebut akan efektif untuk membunuh kuman seperti yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Setelah selesai pemaparan materi cuci tangan pakai sabun dilanjutkan dengan simulasi cuci tangan pakai sabun yang langsung dipraktekkan oleh peserta.  Dan pesan dari penyuluhan ini adalah mencuci tangan adalah kebiasaan sederhana. Mari kita membiasakan cuci tangan pakai sabun dimulai dari diri sendiri dan menjadi bagian dari hidup kita.