Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

JAMU, Racikan Tradisional penuh Khasiat

E-mail Print PDF

Bagi kamu yang memiliki masalah gatal-gatal atau JERAWAT, Jamu Sambiloto adalah jamu yang pahit dan berkhasiat mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor yang bisa menyebabkan penyakit kulit (gatal-gatal atau jerawat).

Apakah kamu berpikir meminum jamu itu ketinggalan zaman?. Ketika kamu berJERAWAT, berapa besar uang yang kamu keluarkan untuk membeli produk kecantikan berbahan kimia atau melakukan facial?. Sangat disayangkan bahwa kita melupakan bahwa alam telah menyediakan bahan alami untuk kesehatan tubuh.

Yups, Jamu lah jawabannya..!

Tradisi meracik jamu telah berjalan ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Tradisi meracik dan meminum jamu sudah membudaya pada periode kerajaan Hindu-Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya Prasasti Madhawapura dari jaman Majapahit yang menyebut adanya profesi ‘tukang meracik jamu’ yang disebut Acaraki.

Resep racikan jamu pada awalnya hanya dikenal dikalangan keraton dan tidak diperbolehkan keluar dari keraton. Seiring dengan perkembangan jaman, mereka mulai mengajarkan meracik jamu kepada masyarakat diluar keraton sehingga jamu berkembang sampai saat ini.

Dari dahulu sampai saat ini kamu mengenal bahwa penjual jamu adalah sosok perempuan dengan berkebaya, bakul anyaman rotan yang digendong dengan kain jarit, menenteng ember kecil, serta terkadang ada beberapa penjual jamu gendong yang masih menggunakan sanggul masih melekat erat pada perempuan paruh baya penjual jamu gendong.

Sosok tersebut tidak selalu dapat ditemui dari penjual jamu, perempuan penjual racikan jahe, lempuyang, temu lawak, kunyit, kencur, lengkuas, bangle, jeruk nipis, ceplukan, nyamplung, kayu manis, dan rumput alang-alang, juga dapat ditemui dengan usia 25 tahun keatas. Secara fisik mereka lebih muda dan lebih terlihat segar untuk seorang penjual jamu. Dinamika yang cukup terlihat dalam sejarah perkembangan jamu.

Khasiat jamu sangatlah banyak, ambil contoh Jamu Beras Kencur. Sebagian besar penjual jamu mengatakan bahwa jamu ini dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Jamu yang berbahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur, banyak dikatakan dapat merangsang nafsu makan, sehingga selera makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.

Jamu Kunir Asam/ kunyit, dikatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. Jamu ini juga dikatakan dapat dimanfaatkan menghilangkan bau badan, serta dikatakan dapat menguatkan gigi.

Bagi kamu yang memiliki masalah gatal-gatal atau JERAWAT, Jamu Sambiloto adalah jamu yang pahit dan berkhasiat mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor yang bisa menyebabkan penyakit kulit (gatal-gatal atau jerawat). Selain itu jamu yang terbuat dari daun sambiloto ini mampu menurunkan kolesterol dan menghilangkan bau tak sedap.

Peminum jamu saat ini juga bukan hanya dari kalangan bawah, kalangan atas pun mengakui khasiat jamu itu sendiri. Tidak kalah penting bahwa banyak selebriti tanah air meminum jamu untuk kesehatan dan dapat melangsingkan tubuh mereka. Jadi jangan kamu kira bahwa jamu adalah minuman orang tidak mampu.

Meskipun telah terjadi transisi atau pergeseran mulai dari jamu gendong, memakai sepeda, memakai kendaraan bermotor roda dua, atau pun dalam bentuk sachet, akan tetapi masyarakat masih mempercayai bahwa jamu sebagai obat yang dipercaya dapat menyehatkan, lebih murah, dan tentu saja bebas bahan kimia. Jamu memiliki andil besar terciptanya kesehatan di Indonesia. Terlepas dari bagaimana cara menjajakannya, penjual jamu bisa dikatakan pahlawan kesehatan tanpa puja-puji dan gelar.

Berkhasiat bukan? Tunggu apalagi, Mari konsumsi produk dalam negeri…!