Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Workshop “PENILAIAN RAPORT BERBASIS KURIKULUM 2013”

E-mail Print PDF

Pada hari Jumat, 14 Nopember 2014 bertempat di Erlass Institute – Pejaten Office Park telah dilaksanakan workshop “Penilaian Raport Berbasis Kurikulum 2013” untuk guru – guru sekolah dasar dengan pembicara Ibu Hj. Ane (Tim dari Ibu Dahlia Olga – penulis buku Tematik SD).

Acara ini merupakan acara yang dibuat oleh PT. Erlass Prokreatif Indonesia bagi guru – guru SD mandiri yang ingin lebih memahami mengenai bagaimana dalam melakukan penilaian raport berbasis Kurikulum 2013.

Dalam workshop ini, narasumber mengajak peserta dalam merubah mindset tentang Kurikulum 2013. Dimana ada pendapat bahwa “Kurikulum KTSP 2006 saja belum tuntas dipahami oleh guru dan ternyata Kurikulum sudah berganti menjadi Kurikulum 2013”. Pada dasarnya, apabila guru telah merubah mindset mengenai Kurikulum 2013, maka akan terasa lebih mudah bagi guru dalam menerapkan Kurikulum 2013.

Dalam Kurikulum 2013, guru harus kreatif dan berinovasi dalam memberikan materi kepada murid karena pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas saja melainkan bisa terjadi di luar kelas. Sebagai contoh, guru harus sering – sering mencari tahu mengenai lagu anak – anak yang sesuai dengan tema yang akan diajarkan karena lewat lagu anak – anak juga belajar.

Tematik merupakan pembelajaran kepada siswa dimana perpindahan mata pelajaran yang satu ke mata pelajaran yang lain tidak tampak. Misalnya saja, pada saat hari pertama masuk sekolah seusai libur sekolah, murid dapat diberikan pertanyaan – pertanyaan mengenai hal apa saja yang dilakukan selama libur sekolah. Sebagai contoh, apabila ada murid yang berekreasi ke tempat wisata, maka guru dapat bertanya berapa jarak rumah ke tempat wisata; berapa jenis tumbuhan dan hewan yang dijumpai; berapa banyak jenis bangun datar yang ditemui. Dari pertanyaan – pertanyaan tersebut, maka tidak tampak perpindahan mata pelajaran matematika ke IPA dan Bahasa Indonesia.

Peserta juga diajarkan bagaimana cara pengisian raport dimana raport tidak lagi dalam bentuk angka melainkan deskripsi dengan indikator – indikator penilaian sesuai dengan ke – 4 Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Dimana indikator penilaian disesuaikan dengan kemapuan siswa dan tetap harus memuat nilai – nilai dalam Kompetensi Dasar.

Informasi mengenai Tematik dan Penilaian Autentik dapat menghubungi Erlass di 021-79180467