Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Lomba Cerdas Cermat 2015

E-mail Print PDF

Ayo Ikuti  Cerdas Cermat Erlass SD/SMP

Siapa tidak kenal lomba cerdas cermat? Antar sekolah uji pengetahuan di ajang menjadi program menarik dan kompetitif. Murid-murid dan guru berusaha sebaik-baiknya mengatur pembagian waktu pelajaran sekolah dan jadwal belajar. Guru-guru  melakukan berbagai metode mentransfer ilmunya ke murid-murid didikannya misalnya dengan test soal, simulasi cerdas cermat, soal lisan, bahkan olahraga.

Lomba Cerdas Cermat juga dapat digunakan sebagai follow up atas materi-materi yang diberikan guru. Kegiatan ini tidak semata-mata hanya untuk mengisi waktu senggang saat mengajar, tetapi juga dapat menjadi indikator bahwa apa yang diajarkan tetap diingat dan dipahami para siswa.

Lomba yang didukung oleh Penerbit Erlangga Mahameru, diharapkan dapat mendukung program pendidikan Indonesia. Soal-soal disusun oleh tim unggul Editor Erlangga dan konsultan pendidikan.

Suasana lomba yang gembira, menegangkan, serta menyenangkan mengajarkan siswa untuk selalu mengingat ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. Jelas kegiatan ini dapat memberi motivasi dan hasil belajar yang baik pada siswa. Apalagi para siswa, guru, bahkan kepala sekolah dapat berkenalan dengan para siswa dan pendidik dari sekolah lain.

Langkah-langkah Pelaksanaan

  1. Siswa dibentuk, dipilih, dan dilatih oleh tim guru
  2. Siswa membuat nama dan yel-yel untuk kelompoknya
  3. Lomba dimulai, tiap kelompok menggemakan yel-yelnya.
  4. Susasana dibuat menyenangkan
  5. Juri memberikan pertanyaan sesuai dengan sesinya, apakah sesi pertanyaan untuk per kelompok atau sesi pertanyaan rebutan.
  6. Guru mengakumulasikan poin-poin yang didapat per kelompok dan menentukan kelompok yang berhasil memenangkan Lomba Cerdas Cermat tersebut.
  7. Kelompok dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan.

Banyak soft skill yang didapat siswa saat lomba ini, diantaranya: percaya diri, berpikir cepat, kepemimpinan, bekerjasama dengan kelompoknya, menghargai pendapat/jawaban antar kelompok, belajar mengelola emosi ketika kelompoknya bukan menjadi yang terbaik.

Dengan demikian Erlass mengadakan Lomba Cerdas Cermat untuk jenjang SD dan SMP dengan harapan siswa/I yang mengikuti lomba cerdas cermat dapat bertanding sehat dan logis dalam hal menjawab pertanyaan dari para juri dan dapat membawa nama sekolah mereka.