Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Lomba Cerdas Cermat dan English Speech Contest

E-mail Print PDF

Dalam Rangka merayakan Ulang tahun ERLASS telah berdiri dan berkarya di dunia pendidikan, kami mengadakan serangkaian lomba mulai dari bulan Desember 2014 sampai dengan Maret 2015. Lomba tersebut adalah Lomba Mewarnai bagi anak usia TK dan SD, Lomba Menyanyi,  Lomba Cerdas Cermat dan Lomba English Speech Contest.

Lomba Cerdas Cermat diadakan bagi usia SD dan SMP dan bisa diikuti oleh semua sekolah dari kalangan maupun kategori apapun. Materi Lomba mencakup semua materi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Pengetahuan Umum yang diajarkan di tingkatannya misal SD, maka materi mencakup materi SD kelas 1 sampai dngan kelas 6 dengan tingkat kesulitan soal yang berbeda dan relevan dengan materi kurikulum sekolah. Maka tidak mengherankan bila lomba ini memerlukan persiapan yang cukup lama dimana soal-soal telah disusun mulai dari awal bulan Desember 2014.

Lomba Cerdas Cermat ini dibagi atas tiga babak, yakni babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan konsestan harus terpisah dalam ruang berbeda, bersama kontestan dari sekolah lain. Ruang berbeda tersebut yakni ruang lomba Matematika, ruang lomba Pengetahuan Umum, dan ruang lomba Bahasa Indonesia. Lomba tertulis pada babak penyisihan ini akan menyaring kontestan lomba menjadi 9 tim kontestan lomba cerdas cermat untuk masuk babak semifinal.

Babak semifinal dan final lomba cerdas cermat ini dimulai dengan sesi cepat tepat, para kontestan menjawab dengan bel dan alat bantu bendera. Kecepatan kontestan dalam menekan bel dan angkat bendera akan sangat mempengaruhi kesempatan atau peluang mereka menjawab. Perjuangan kontestan cukup panjang karena mereka akan menempuh empat sesi dalam babak semifinal atau final. Empat sesi tersebut adalah babak cepat tepat, sesi fakta, sesi realita dan logika, dan sesi tebak gambar dan karya sastra.

Para semifinalis bersaing cukup ketat dan saling mengejar nilai perolehan atau score. Dari hasil pertandingan tersebut yang berhasil memenangkan lomba cerdas Cermat adalah juara 1 – SD Pejaten Barat 12 Pagi, Juara 2 – SD Strada Wiyatasana, Juara3 – SD Widuri.

Sedangkan nama-nama sekolah yang berhasil masuk semifinal, yang juga tidak kalah hebat adalah  SD Kemala Bhayangkari, SD Pejaten Barat 01 Pagi, SD Cilandak Barat 08 Pagi, dan MI Nurusaadah.

Berikut foto-foto para pemenang lomba Cerdas Cermat dan English Speech Contest:

Untuk melihat foto lebih banyak, klik disini.

Selamat kepada para pemenang, semoga semakin bisa berkreasi dan berprestasi dimanapun berada.

Salam ERLASS.