Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Erlass for Teacher with SOGA

E-mail Print PDF

Guru SMP: Ayo Kreatif Agar Siswa Semakin Senang dan Bersemangat Berprestasi

Erlangga melalui wadah kegiatan sosialnya Solidaritas Erlangga (SOGA) mengadakan training pendidikan bagi 32 guru SMP Jakarta dan Bekasi pada tanggal  31 Maret 2016-2 April 2016, mengenai PAIKEM. Menarik sekali acara 3 hari 2 malam ini yang dipimpin oleh tim Erlass sebagai organizer dan Bapak Khristyono, MPd – seorang pengarang buku IPA dan juga fasilitator ahli dan Bapak Boedi Santoso, MPd, guru senior. PAIKEM adalah metode khusus yang membuat para siswa bersemangat mengikuti kelas serta memperdalam ilmu.

Saya terkenang dengan guru SMA Fisika yang bisa membuat saya paham Fisika dengan mudah dan menjadi saya mencintai Fisika. Intonasi suara, ketegasan dan cara penjelasan Guru membuat saya tidak pernah merasakan kantuk.

Saya pun ingat akan guru SMP Matematika saya , Cara mengajarnya sederhana dan bertahap membuat saya paham matematika secara utuh dan kronologis. Sampai saat ini tanpa perlu belajar lagi saya masih ingat rumus matematika. Padahal sudah 18 tahun yang lalu.

PAIKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan. Sebuah metode pembelajaran di kelas yang banyak melibatkan siswa dalam proses belajar dan mengajak siswa menggunakan semua indera ataupun mengasah semua kecerdasan. Pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di kelas akan membuat siswa tidak sempat berpikir lain, bercanda ataupun ngobrol dengan teman sebangkunya. Kelas pun akan menjadi kondusif dalam belajar dan konsentrasi siswa dalam belajar akan membantu siswa dalam memahami pelajaran.

Mendukung adanya kelas yang aktif dan menyenangkan maka Penerbit Erlangga mewujudkan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat dalam bentuk kepeduliannya  pada bidang pendidikan yakni dengan memberikan training PAIKEM.

Pembiayaan training semua ditanggung oleh Penerbit Erlangga, mulai dari biaya training, penginapan, transportasi, makan, dan uang saku dengan dipandu oleh tim PT Erlass Prokreatif Indonesia (Erlangga Artistik, Sosial, dan Sains) suatu Institusi pendidikan formal dan nonformal.

Menyenangkan sekali karena semangat belajar nampak dari 32 peserta tersebut, meskipun harus meninggalkan keluarga untuk training selama 3 hari 2 malam di Cipanas. Lebih menyenangkan bagi peserta karena mereka membawa hasil pekerjaan mereka selama 3 hari 2 malam. Tidak percuma mereka membuat hasil training tersebut sampai dengan jam 23.00.

Mereka belajar juga mengenai dengan alat media ajar laptop dan menyusun rencana kerja dan ajar:

1.       Memperkaya pengetahuan guru dalam  menyusun RPP berbasis PAIKEM.

2.       Melatih kemampuan managerial guru dalam mengelola kelas.

3.       Guru tidak hanya menggunakan satu sumber atau sarana belajar.

Setelah training diselenggarakan panitia SOGA pun akan melakukan supervisi atas penerapannya di sekolah yang telah dilatih…sehingga dampaknya berkelanjutan dan nampak. Bilamana dari anda tertarik untuk mengikuti training PAIKEM ini bisa mendaftarkan diri melalui contact person kami yang tercantum di www.erlass.co.id dengan nomor telpon 021-79190467

Sukses selalu untuk Anda para guru profesional , semakin dicintai murid dan dinanti kehadirannya dalam proses pembelajaran di kelas.