Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

7 menu Nutrisi Otak dan Stamina Anak Jelang USBN dan UN

E-mail Print PDF

Para orangtua dan wali murid, mari kita anggarkan dana lebih untuk masa persiapan kelulusan anak-anak kita. Selain kita sediakan soal – soal Latihan UN….mulai dari Express UN, SPM, Fokus dan dari penerbit  seperti Erlangga, kita juga sediakan soal-soal dari sumber lainnya, seperti E-learn online.

Erlass akan mengadakan Try OUT UN SD tanggal 21 Januari ini. Tapi bagaimana dengan Stamina Anak???? Dan apa sajakah makanan  untuk nutrisi otak.

Vitamin B1 berperan dalam memproduksi energi, termasuk energi untuk otak.tanpa vitamin B1, otak tidak akan bekerja semestinya. Gejala awal kekurangan vitamin B1 adalah gangguan daya ingat, kehilangan nafsu makan dan gangguan tidur. Jika sudah berat kekurangan vitamin B1 kita sering mendengarnya dengan Beri-beri. Sumber vitamin B1 adalah Ragi, Daging babi,tanaman polong dan gandum.

Vitamin B5 berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf otak yakni membantu sintesaacetylcholine, kimia otak yang berperan dalam proses transmisi sinyal listrik antara sel-sel otak. Vitamin B5 juga bermanfaat sebagai pengendali stress, maka dia dikenal sebagai vitamin antistress.sumber vitamin B5 secara alami adalah Telur ( lebih pada kuning telur) , Salmon,Hati,Kacang,Gandum.

Vitamin C terkenal sebagai vitamin untuk sistem kekebalan tubuh.konsumsi vitamin C bisa melalui buah-buahan dan sayur. Selama ini kita selalu ingat jeruk bila ingat vitamin C. Padahal kandungan Vitamin C pada strawberry lebih tinggi berbanding jeruk yakni strawberry56,7 mg/100gram , sedangkan jeeruk 49mg/100gram ( sumber : Data analisi Bahan Makanan,FKUI,1992)

Mari kita jaga Stamina anak dengan 7 Menu berikut ini !

Bekal No.1

Asupan Karbohidrat-Protein- :

Nasi Goreng Ati ayam - telur ceplok

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Botol berisi Teh Manis
  • Siang / Sore : Susu UHT

 

Bekal No.2

Asupan Karbohidrat-Protein- :

Nasi Tim salmon

Camilan : Roti  selai kacang coklat

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Susu UHT
  • Siang / Sore : Milkshake

 

Bekal No.3

Asupan Karbohidrat-Protein- :

Nasi Semur Daging dan Kerupuk

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Susu UHT
  • Siang / Sore : Es Krim

 

 

Bekal No.4

Asupan Karbohidrat-Protein- :

  • Kwetiau goreng (dengan campuran toge, ayam suwir dan telur)
  • Cemilan Oats.

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Susu UHT
  • Siang / Sore : Es Krim

 

Bekal No.5

Asupan Karbohidrat-Protein- :

  • Nasi Kuning – Telur Rebus – Orek tempe
  • Camilan Roti isi salmon

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Energen
  • Siang / Sore : Susu UHT

 

Bekal No.6

Asupan Karbohidrat-Protein- :

  • Bakmi Djawa komplit ala Mama
  • Camilan Siomay ikan

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Sari Kacang Hijau
  • Siang / Sore : Susu UHT

 

Bekal No.7

Asupan Karbohidrat-Protein- :

  • Lontong nasi – sambal kacang – fillet ayam
  • Camilan keripik Bayam

Asupan Vitamin : Vitamin C/ jeruk

Asupan Penyempurna :

  • Pagi : Susu Jahe
  • Siang / Sore : Milkshake

 

Selamat Berkreasi  Mama , masih banyak alternatif  yang ada.

 

Jangan lupa daftarkan anak/siswa Anda pada TO UN Erlass bagi siswa kelas VI SD.

 

Erlass Institute