Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Pelatihan Inhouse Teknik Menggambar

E-mail Print PDF

Erlass Prokreatif Indonesia mengadakan pada hari Jumat, 11 Januari 2019 telah mengadakan Pelatihan Teknik Menggambar bertempat di gedung Erlass Pejaten. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam dan dihadiri  oleh  10 guru SDN Duren Tiga 01,mulai dari guru kelas 1 s/d kelas 6 dengan narasumber Kak Chuwalid seorang praktisi seni menggambar  yang berpengalaman.

Pada awal aktivitas kelas, narasumber membagikan pengalamannya kepada peserta mengenai fenomena keterampilan menggambar dalam satu acara yang diikuti oleh 30 peserta berusia 26 tahun keatas. Saat itu mereka diminta untuk menggambar dan yang terjadi tidak jauh dari dugaan narasumber dan panitia, hasil gambar kebanyakan berupa gunung dengan sawah, matahari dan pohon. Disadarkan hal itu, semua peserta tersenyum malu dan sadar bahwa hasil didikan mereka yang dahulu kurang kreatif sehingga menyebabkan keseragaman dalam isi gambar.

Selanjutnya Kak Chuwa mengajak peserta untuk belajar pola, teknik menggambar dan memberikan penekanan kepada mereka bahwa peserta didik membutuhkan kreatifitas untuk bekal hidup peserta didik sehingga mampu survive bagi masa depannya.

Narasumber juga menjelaskan mengenai pengenalan diawal akan dunia seni rupa , seperti  seni rupa terdiri dari berapa jenis, perspektif dalam menggambar, teknik mewarnai, dan warna itu sendiri. Diharapkan ketika para guru mengajar tematik seperti tema Transportasi Darat, guru dapat mengajari siswa untuk menggambar dengan mudah mulai dari membuat sketsa sampai anak mencontoh tahapannya. Hal ini merupakan pembelajaran konstruktif  yang dapat membangun cara anak berpikir kritis dan strategis namun tetap humanis.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, setiap guru mau bergerak mengajak anak menjadi kreatif dan imaginatif dalam menciptakan bentuk-bentuk baru.

Bagi sekolah yang berminat mengadakan pelatihan yang serupa bagi guru-guru, maka dapat melakukan permintaan dengan menghubungi  ERLASS (021-79180467)