Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus dan Manajemen PAUD CSR Erlangga di Erlass Institute

E-mail Print PDF

Kembali Penerbit Buku Erlangga dengan program CSR SOGA memberikan kepeduliannya terhadap Dunia Pendidikan dengan memberikan Program berupa seminar bagi Guru-guru maupun Mahasiswa/i. Pada hari Rabu dan Kamis, 19 dan 20 Desember 2018 di Erlass Intitute. Penerbit Erlangga mengadakan seminar selama 2 hari  berdurasi 6 jam dengan tema seminar yang berbeda dan mendatangkan 80 peserta guru-guru serta pemilik Yayasan se-DKI Jakarta.

Seminar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus diadakan pada Hari Rabu, 19 Desember 2018 dengan jumlah peserta 36 peserta. Nampak antusias guru-guru untuk mendapatkan ilmu terlihat ketika mereka berinteraksi  saling melemparkan tanya jawab. Tuntutan demi tuntutan membuat guru-guru harus terus menerus belajar khususnya dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus, karena  seperti diketahui bahwa sekolah-sekolah regular di Jakarta khususnya sudah mulai menerapkan peraturan pemerintah untuk wajib menerima Siswa/I Anak Berkebutuhan Khusus. Dimana tentunya anak-anak tersebut juga wajib di berikan sebuah penilaian tertentu sebelum memasuki kelas barunya bersama anak-anak umumnya. terlihat dari narasumber Ibu Elanda Rosina M.Pd memberikan berupa contoh-contoh dan praktik dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus di sekolahnya. Selanjutnya beliau juga memberikan aturan-aturan dalam kelas bagi Anak Berkebutuhan Khusus yang membuat  anak menjadi menurut di dalam kelas. Selama pelatihan ini guru-guru terlihat sangat senang dan cukup puas.

Kegiatan CSR SOGA lainnya selain Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus adalah Pelatihan Manajemen PAUD/RA/TK yang dilaksanakan pada Kamis, 20 Desember 2018 di Erlass Institute dan diikuti oleh 46 peserta. Dalam pelatihan ini guru-guru maupun pemilik yayasan dihimbau untuk  bekerjasama  mencoba membuat sebuah instansi sekolah dengan berdiskusi  secara berkelompok. Narasumber Ibu Arta Peto Sinamo,MA in Ed menjelaskan materi lalu mengajak peserta guru-guru untuk bertindak sebagai pembuat instansi. Antusias gutu-guru kembali terlihat ketika semua berlatih dalam membuat instansi. Mereka bertanya dan menjawab apa yang dibutuhkan dalam membuat instansi. Guru-guru juga diajak memahami bagaimana menata dan mengelola sebuah sekolah serta memanajemen Sumber Daya Manusia dengan baik. serta manajemen pemasaran untuk mendukung kelangsungan instansi tersebut. Selanjutnya peserta diajak untuk membuat RPP dalam proses kegiatan pembelajaran. Pelatihan  yang dilaksanakan selama 6 jam juga mendapat respon positif dari peserta. Mereka merasa terbantu dan memiliki pandangan serta berencana untuk membawa masing-masing sekolahnya menjadi sebuah sekolah yang lebih baik dari sebelumnya.

Semoga apa yang sudah diberikan dapat bermanfaat bagi guru-guru untuk menciptakan anak-anak yang kreatif dan selalu berpikir cerdas tanpa meninggalkan norma-norma yang ada. Erlass Institute juga dapat datang ke sekolah-sekolah (In-House Training). Adapun kontak yang dapat dihubungi Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau di nomor telepon : 021-79180467.