Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Strategi Pembelajaran Guru di Abad 21 - SMK Prestasi Prima

E-mail Print PDF

SOGA CSR  (Community Social Responsibility) bekerja sama dengan  Erlass Prokreatif Indonesia yang merupakan bagian dari  PT. Penerbit Erlangga,   pada tanggal 1 Juli 2019 mengadakan sebuah seminar dengan judul  “Strategi Pembelajaran Abad 21”  kepada 50 guru SMK Prestasi Prima yang berlokasi di Jln. Hankam Raya No.89, Cilangkap, Jakarta Timur. Narasumber yang berbicara adalah Ibu Elly Sofiar.

Acara berlangsung secara interaktif dimulai dengan   narasumber yang  memberikan beberapa ice breaker dan juga memberi soal – soal pre test kepada para peserta, contohnya pertanyaan “Siapakah Ki Hajar Dewantara?”. Tujuan diadakan seminar ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri guru  dan menjadi pribadi yang lebih luwes dalam mengajar.

Selanjutnya narasumber juga mejelaskan cara – cara mengajar di zaman yang serba modern dan menghimbau peserta untuk  menghilangkan  kebiasaan-kebiasaan yang tidak efektif dan efisien,  namun sebaliknya para guru harus mengembangkan keterampilan mengajar yang lebih kreatif, inovatif dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman serta harus lebih sering memberikan  apresiasi yang baik terhadap murid – murid sebagai bentuk motivasi agar semakin giat bersekolah. Selain itu perlu juga diperhatikan cara mengajar dan mendidik anak – anak yang berkebutuhan khusus yang bersekolah di tempat tersebut serta  perlakuan yang sama dengan anak – anak sebayanya.

Di akhir acara, narasumber  diberikan kenang – kenangan dari pihak sekolah sebagai tanda terima kasih para peserta seminar karena telah berbagi beberapa ilmu baru dalam mengajar agar pendidikan di Indonesia semakin membaik untuk ke depannya. Akhir kata Terima Kasih dan Semangat untuk Belajar!!